Profile

Profil AUTRI

1. PendahuluanSertif-ICNDT-Doc-Color

Asosiasi Uji Tak Rusak Indonesia yang disingkat dengan AUTRI adalah organisasi profesi yang bersifat independen, non politik dan non profit berorientasi kepada pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya Uji Tak Rusak untuk pembangunan nasional. Uji Tak Rusak (UTR) yang lebih dikenal dengan nama Non-Destructive Testing  (NDT) adalah suatu teknik pengujian mutu bahan tanpa merusak bahan yang diuji untuk menjamin kepastian mutu, kehandalan komponen,  keselamatan operasi instalasi, dan  telah dimanfaatkan secata luas pada seluruh sektor industri. Uji Tak Rusak terdiri dari Radiography Test (RT), Ultrasonic Test (UT), Magnetic Test (MT) dan Penetrant Test (PT), Leakage Test (LT), Visual Test (VT), Neutron radiography Test (NRT), Acoustic Emission Test (AE), Infrared Thermography (IR) dan Uji tak rusak lainnya.

Sejarah pengembangan Teknik UTR yang dilakukan institusi pemerintah khususnya BATAN dimulai sejak tahun 1969. Pengembangan dan diseminasi keahlian UTR dilakukan oleh BATAN dengan mengadakan pendidikan dan latihan kepada personel perusahaan-perusahaan swasta untuk dilatih menjadi tenaga ahli UTR dalam rangka mengganti tenaga kerja asing yang pada saat itu masih banyak bekerja di Indonesia. Bahkan pada era tahun 70-an dan 80-an, BATAN bekerjasama dengan IWPL MIGAS untuk mencetak tenaga operator radiografi dan ahli radiografi untuk dipekerjakan di bidang pembangunan industri perminyakan. Institusi pemerintah lainnya yaitu B4T juga mengadakan pendidikan dan pelatihan untuk keahlian UTR khususnya UT, MT dan PT sedangkan Lembaga Uji Konstruksi (LUK) untuk keahlian UTR bidang Eddy current Test (ET). Hasilnya sejak tahun 1980-an, sebagian besar tenaga ahli UTR yang bekerja di dalam negeri adalah tenaga ahli Indonesia. Selain itu juga banyak lahir perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang Inspeksi yang tersebar di kompleks-kompleks industri di Indonesia. Bahkan para pengusaha bergabung membentuk Asosiasi Perusahaan Inspeksi Teknik Indonesia (APITINDO) pada tahun 1985. 

Pada tahun 1990-an, jumlah personel UTR di Indonesia yang mencapai 5000 orang memiliki sertifikat UTR yang berasal dari berbagai macam instansi pemerintah maupun swasta. Isu pasar bebas yang memungkinkan sektor layanan jasa bebas masuk antar negara, tuntutan pasar terhadap standarisasi kualifikasi dan sertifikasi personel UTR dan dalam rangka meningkatkan pengabdian profesi UTR yang lebih berdaya guna untuk pembangunan nasional maka para personel UTR yang dipelopori oleh Bapak Ir. Abdu Razak, MSc membentuk Asosiasi Uji Tak Rusak Indonesia (AUTRI) yang dideklarasikan pada 3 Desember 1998 di Jakarta dengan Visi: Mewujudkan tenaga ahli uji tak rusak Indonesia yang handal untuk kejayaan bangsa dan diakui secara Internasional dan Misi: Menyiapkan tenaga ahli uji tak rusak Indonesia trampil dalam persaingan perdagangan bebas berdasarkan kualifikasi Internasional ISO 9712 serta Tujuan untuk:

  • Meningkatkan mutu uji tak rusak dalam arti yang luas,
  • Membina anggota untuk memperoleh kualifikasi dan sertifikasi
  • Mempererat kerjasama diantara mereka (baik personal maupun instansi) yang berkecimpung dalam bidang uji tak rusak, baik di Indonesia maupun di luar negeri,
  • Membantu pemerintah dan masyarakat dalam menggunakan dan mengembangkan program uji tak ruask,
  • Meningkatkan mutu sumber daya manusia di bidang uji tak rusak.

Kepengurusan AUTRI yang pertama periode 1998–2003 dan kedua 2003–2008 dipimpin oleh Bapak Ir. Syahrudin. Kepengurusan yang pertama dan kedua ini telah berhasil menerbitkan Buletin AUTRI pada tahun 1999, menyelenggarakan Seminar Nasional UTR I, merintis pembentukan sekolah tinggi NDT, mengkaji pendirian Lembaga Sertifikasi Personel Uji Tak Rusak, dan mengadopsi ISO 9712:2003 menjadi SNI 19-6364:2000. Kepengurusan ketiga, periode 2008–2013 yang dipimpin oleh Bapak Soeripto Soedarminto, BE, SE memfokuskan program kerja pada empat bidang utama yaitu peningkatan layanan terhadap anggota, pembentukan LSP-UTR yang mengacu kepada ISO 17024:2003 (General criteria for certification bodies operating certification of personnel) dan ISO 9712 (Qualification and Certification of Personnel), pengembangan SDM UTR, dan peningkatan kerjasama dengan asosiasi terkait, perguruan tinggi, institusi teknis, regulator, penyedia jasa UTR dan pengguna jasa UTR.

2. PROGRAM KERJA PERIODE 2008-2013

Kepengurusan AUTRI periode 2008-2013 menjabarkan Visi dan Misi AUTRI menjadi 14 program kerja yaitu:

  1. Peningkatan layanan terhadap anggota 
  2. Membuat Panduan mutu dan Prosedur mutu untuk AUTRI & LSP-UTR
  3. Membentuk LSP-UTR yang independen & imparsial bersama dengan para pemangku kepentingan (Regulator, Lembaga Riset, Asosiasi terkait, Penyedia jasa, Pengguna, Pemasok, Pakar & Perguruan Tinggi)
  4. Membuat Website
  5. Registrasi ulang anggota
  6. Menggalang dana untuk LSP-UTR dan Operasional LSP-UTR
  7. Menyelenggarakan Seminar, Workshop dan Diklat.
  8. Menyelenggarakan Indonesia NDT EXPO 2010
  9. Mendirikan lembaga diklat UTR
  10. Melakukan litbang UTR
  11. Menerbitkan Majalah
  12. Menerbitkan Jurnal UTR
  13. Menjalin kerjasama dengan Asosiasi UTR luar negeri
  14. Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Riset, Regulator, Pengguna jasa UTR, Produsen jasa UTR,  dan Asosiasi terkait.

3. ORGANISASI

Kepengurusan AUTRI periode 2008-2013 sebagai berikut:
Dewan Pengawas: Ir. Ramzy Siddiq Amier
                            Y. Ristiyanto
Dewan Kehormatan: Ir. Ganis Ramadhani
                              Dr. Ing. Amir Partowiyatmo
                              Ir. Suyartono, M.Sc
Ketua : Soeripto Soedarminto
Wakil Ketua : Ir. Agus Salim
Sekretaris    : Sigit Budi Santoso
Bendahara  : Drs. Sutrasno, MT
Kepala Bidang Jaminan Mutu : Ir. Vera Tobing
Seksi Evaluasi Program & Monitoring :
Seksi Pengembangan Organisasi :
Kepala Bidang Profesi : Ir. Saenal Aladin Rapi
Seksi Sertifikasi : Ir. Siswoto
Seksi Kode Etik : Ir. Erwin Sibuea
Kepala Bidang Litbang : Dr. Roziq Himawan
Kepala Bidang Pengembangan SDM : Yasir Wayah Nusi
Seksi Diklat  : Suparno
Seksi Tenaga Kerja :Achmad Damun

4. KANTOR

PATIR-BATAN, Gedung No. 43, Jalan Lebak Bulus Raya, Pasar Jumat, Jakarta Selatan
Tel.      : +62 21 97959235, 769 0709 ext.: 141
Fax      : +62 21 769 1607, 751 3270
Email  : info@autri.org, autri.info@yahoo.com, sigit.bsantoso@yahoo.com
Website : www.autri.org

ICNDT Guidelines July 2012